Home » , » Tips Menghilangkan Rasa Malas

Tips Menghilangkan Rasa Malas

Dhedi R Ghazali | Sunday, December 29, 2013 | 0 komentar
Tips Menghilangkan Rasa Malas
Malas . . . Adalah sebuah hambatan yang sering ditemui oleh seseorang ketika ingin melakukan sesuatu. Rasa malas sejatinya adalah salah satu penyakit mental yang tentunya sangat merugikan sesorang dalam kehidupannya. Ketika malas menghinggapi dirinya, yang ada adalah pekerjaan dan kegiatan yang seharusnya bisa berjalan secara baik akan menjadi kacau dan tak terkendali. Malas juga seringkali menjadi biang kerok gagalnya berbagai rencana besar yang sedang dirintis. Bagi kalian yang masih remaja, mulai detik ini, jauhilah rasa malas, tak akan ada untungnya kalian memelihara kebiasaan menunda dan malas. Segeralah ganti dengan disiplin tinggi dan ketabahan dalam menjalani setiap jengkal proses kehidupan ini. Berikanlah yang terbaik dalam segala hal, maka hasil terbaik pun otomatis akan mengikuti dengan sendirinya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari rasa malas pada diri kita :

1. Jangan Merasa tidak Bisa

Rasa malas sering timbul karena kita dihadapkan pada sesuatu hal yang menurut kita susah untuk dikerjakan atau bahkan mungkin merasa tidak bisa untuk kita kerjakan. Ini sering saya alami sendiri, ketika saya merasa pekerjaan saya itu sulit dikerjakan maka saya merasa malas untuk mengerjakannya. Padahal yang harus kita tahu adalah apa yang menurut kita sulit itu belum tentu benar-benar sulit karena kita belum mencoba. Jadi tanamkanlah semangat dan poitif thinking bahwa kita bisa dan mampu mengerjakan pekerjaan yang terlihat sulut dan susah untuk dikerjakan. Dengan begitu semangat kita akan muncul sehingga rasa malas yang ada akan sirna. 
" Jika kita merasa Tidak Bisa maka Insyaallah Tidak Bisa tapi Jika kita merasa Kita Bisa Maka Insyaallah Kita Bisa "

2. Jangan Menunda-nunda 

Setiap pekerjaan ataupun kegiatan yang kita lakukan pasti memiliki jangka waktu yang harus ditepati. sebagai contoh ketika kita sekilah atau kuliah, kita diberikan tugas yang harus selesai dalam jangka waktu 5 hari. Padahal tugas tersebut bisa saja kita selesaikan dalam waktu 1 hari saja. Masalahnya ketika kita merasa bisa melakukannya dalam waktu yang lebih singkat dari target yang ditentukan kita sering menunda untuk menyelesaikannya. Inilah yang mengakibatkan kita merasa malas. Kenapa begitu ?? Ketika kita menunda pekerjaan bisa jadi pekerjaan yang lain akan datang dan menumpuk, sedang waktu akan semakin mepet. Ketika waktu semakin mepet dan pekerjaan kian menumpuk secara otomatis rasa malas pasti akan menghantui kita. Oleh karena itu jangan biasakan menunda pekerjaan yang seharusnya bisa cepat kita selesaikan.
" Jika saat ini bisa kita selesaikan kenapa tidak secepatnya kita selesaikan ??? "

3. Ganti kata " HARUS " dengan kata " COBA / INGIN "

Kamu " Harus " selesaikan tuga ini dalam 2 hari. Mungkin perintah seperti itu sering kita dengar dari atasan kita, guru atau dosen kita. Kata " HARUS " menjadi momok tersendiri yang membuat kita tertekan. Dengan adanya kata harus kita merasa ditekan sehingga batin kita menjadi tertekan pula. Ketika batin tertekan tak jarang rasa malas pun mulai datang. Oleh karena itu cobalah untuk mengganti kata " HARUS " dengan kata " COBA / INGIN ". Dengan kata coba maka secara otomatis akan memperngaruhi mainset kita untuk mencoba dan terus mencoba sehingga rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya.

4. Lihatlah semua masalah dengan positif

Ketika menghadapi masalah, ambillah celah-celah positif dan manfaatnya dan jangan sampai melihat sisi kesulitannya. Anggaplah semua masalah itu mudah, maka anda akan dengan cekatan menghadapi dan menyelesaikannya. Melihat sisi kesulitan dari masalah hanya akan membuat kita menjadi malas bertindak. Boleh memikirkan kesulitan, tetapi jangan berlarut-larut, segera saja ambil tindakan, maka masalah pun akan dapat terselesaikan.
5. Ganti “Kapan Selesainya” dengan “Saya Mulai Sekarang”

Apabila kita dihadapkan pada satu tugas besar atau proyek, Kita sebaiknya JANGAN berpikir mengenai rumitnya tugas tersebut dan membayangkan kapan bisa diselesaikan. Sebaliknya, fokuslah pada pikiran positif dengan membagi tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyelesaikannya satu demi satu. 
Katakan setiap kali Kita bekerja: “Saya mulai sekarang”.
Cara pandang ini akan menghindarkan Anda dari perasaan terbebani, stress, dan kesulitan. Kita membuat sederhana tugas didepan Anda dengan bertindak positif. Fokus kita hanya pada satu hal pada satu waktu, bukan banyak hal pada saat yang sama.
6. Buatlah jadwal dan konsekwen dengan jadwal tersebut
Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. Setiap ada pekerjaan buatlah list pekerjaan mulai dari pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan diikuti pekerjaan lain yang bisa dikerjakan setelah menyelasikan pekerjaan yang lebih penting. Membuat jadwal juga tidak akan berguna jika kita tidak konsekwen terhadapnya. Maka setelah membuat jadwal dan list pekerjaan lakukanlah semua sesuai jadwal tersebut. Biasakan untuk disiplin sehingga rasa malas akan hilang.

7. Jangan Putus Asa dengan Kegagalan
Ketika kita gagal melakukan seuatu dengan baik, disaat kita dihadapakan dengan pekerjaan ataupun sesuatu yang sama yang pernah membuat kita gagal seringkali rasa malas memanfaatkan celah tersebut untuk merasuki kita. Dengan masa lalu yang pernah gagl dalam hal yang sama membuat kita merasa tertekan, oleh karena itu janganlah kita takut pada kegagalan. Cobalah untuk menerima kegagalan dan jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman untuk melakukan pebaikan.

Itulah beberapa tips untuk menghindari rasa malas yang saya sampaikan. Tentunya masih banyak tips dari orang lain yang bisa jadi lebih bagus dari tips saya ini. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba tips dari saya ini, dan saya doakan semoga kita bisa menjadi pribadi yang disiplin dan dijauhkan dari kemalasan yang membuat kehidupan kita menjadi berantakan. Aamiin. Semoga tips dari saya dapat bermanfaat.
Baca Juga

===========================================================================
Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 
“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali






Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger