Home » , , » Mengambil Hikmah Kesulitan dalam Kehidupan

Mengambil Hikmah Kesulitan dalam Kehidupan

Dhedi R Ghazali | Wednesday, January 01, 2014 | 0 komentar
Mengambil Hikmah Kesulitan dalam Kehidupan
Sebelumnya saya telah membuat artikel berjudul “ Memahami Karakteristik Kesulitan”. Kali ini saya akan membahas hikmah dibalik kesulitan-kesulitan yang mendera kehidupan kita. Sebelum pembaca setia Blog Kehidupan Tanpa Batas membaca artikel ini agar mampu memahaminya dengan baik hendaklah membaca artikel sebelumnya tentang “ Memahami Karakteristik Kesulitan. Dengan demikian, insyaallah pembaca akan mampu mencerna artikel berjudul “ Hikmah Dari Sebuah Kesulitan “.

Setiap orang terkadang lebih mendahulukan memikirkan dampak negative kesulitan daripada dampak positifnya. Inilah yang seringkali membuat kita takut untuk menghadapi kesulitan dalam kehidupan ini. Setiap dampak negative yang kita pikirkan tentunya akan membuat kita enggan untuk menghadapi kesulitan tersebut. Padahal kalau kita mau memahami dan melihat sisi positif dari kesulitan, kita dapat menemukan banyak hikmah yang ada didalamnya. Perlu kita pahami segala sesuatu di dunia ini banyak yang mempunyai dampak negative juga dampak positif. Saya ambil contoh adalah sebuah obat. Ketika kita memikirkan dampak negative obat seperti obat itu rasanya tidak enak, obat itu baunya tidak enak, membuat efek samping mengantuk dan lain sebagainya. Maka yang akan terjadi adalah kita enggan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Berbeda jika memandang obat tersebut dari sisi positifnya, dengan obat tersebut penyakit kita akan berangsur pulih dan menghilang maka tanpa pikir panjang kita akan mengkonsumsi obat tersebut. Tidak peduli rasanya tidak enak, pahit dll. Itulah contoh bahwa ketika kita memandang sisi positif sesuatu maka insyaalah kita akan mampu berfikir jernih dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Namun ingat bahwa hal ini tidak berlaku untuk hal-hal ataupun sesuatu yang telah ditetapkan hukum/syariatnya oleh Allah SWT. Ketika ada sesuatu yang telah ditetapkan oleh-Nya maka kita tidak boleh lagi menggunakan sisi positif dan negatifnya karena yang telah ditetapkan oleh Allah adalah sebuah perintah yang harus kita jalankan.

Kesulitan yang ada didalam kehidupan ini tidak hanya semata sebagai hal negatif belaka. Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sebuah kesulitan. Tulisan ini saya harapkan dapat membuka pemikiran kita sehingga kita mampu dan tidak takut untuk menghadapi setiap kesulitan yang menghampiri kehidupan kita. Dengan memahami hikmah dibalik sebiuah kesulitan, insyaalah kita justru akan merasa tertantang serta merasa bergelora jiwa kita untuk menyelasaikan kesulitan tersebut. Atau setidaknya kita tidak gentar untuk menghadapinya. Ingatlah selalu bahwa “ Kesulitan bukan untuk ditinggalkan akan tetapi kesulitan harus kita selesaikan “. Setidaknya ada 4 hikmah yang dapat kita ambil dari kesulitan :


1.       Setiap Kesulitan Akan Membuat kita menjadi pribadi yang tegar dan kuat

Ketika kita mampu menghadapi kesulitan maka kita akan menjadi pribadi yang lebih tegar dan kuat. Beda antara orang yang berani menyelesaikan sebuah kesulitan dengan yang meninggalkan kesulitan adalah setiap mereka yang mampu menghadapi dan menyelesaikan kesulitan akan lebih percaya diri menghadapi kesulitan berikutnya sehingga dia akan menjadi pribadi yang pantang menyerah, tegar dan kuat. Sedangkan mereka yang selalu menjauhi dan meninggalkan kesulitan dan hanya ingin mudahnya saja maka akan menjadi pribadi yang mudah menyerah, mudah frustasi dan mudah mengeluh. Sebagai contoh ketika seseorang dilahirkan pada keluarga yang kaya raya yang kekayaan tersebut didapatkan dari korupsi secara otomatis hidup keluarga tersebut akan serba mudah dan kecukupan. Akan tetapi ketika kasusanya terbongkar dan asetnya diambil oleh KPK dan membuat keluarga tersebut mendadak jadi miskin maka yang terjadi keluarga tersebut akan frustasi daputus asa karena tidak biasa ditempa dengan kesulitan dalam mencari harta. Berbeda dengan keluarga yang setiap hari berjuang untuk mendapatkan uang dengan berbagai kesulitan. Mereka telah terbiasa hidup dan berbaur dengan kesulitan sehingga mereka akan senantiasa berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan uang.


2.       Kesulitan akan menambah pengalaman, wawasan dan ilmu

Jaman dahulu setiap manusia berpergian hanya berjalan kaki. Seiring waktu berjalan manusia merasa kesulitan ketika harus berjalan kaki jauh maka muncullah ide untuk menggunakan binatang sebagai alat transpotrtasi. Hewan pun dirasa masih banyak keurangan karena manusia harus kesulitan untuk merawat hewan tersebut sehingga selain itu juga membutuhkan waktu yang lama untu berpergian jauh. Maka diciptakanlah sepeda kayuh namun lagi-lagi sepeda kayuh menimbulkan kesulitan joika harus berpergian jauh karena masih dikayuh dengan tenaga manusia. Munculah ide membuat sepeda bermotor, sepeda motorpun masih dirasa menimbulkan kesulitam karena ketika panas dan hujan manusia tidak bisa terlindungi. Maka diciptakanlah mobil, namun mobil juga menimbulkan kesulitan ketika harus berpergian antar pulau atau Negara maka diciptakanlah pesawat. Dan begitu seterusnya. Itu adalah sebuah bukti bahwa kesulitan akan memberikan pengalaman, wawasan dan ilmu. Ilmu manusia bertambah tidak hanya karena memori otaknya yang besar dari otak orang lain. Akan tetapi karena pengalaman yang akan menambah wawasan dan ilmu pada diri kita. Sebesar apapun otak kita dan secerdas apapun otak kita jika kita cenderung mendiamkan otak serta enggan memahami hidup dan kehidupan ini serta hanya lebih suka mencari mudahnya saja maka kualitas dan kuantitas pengetahuan kita tidak akan bertambah. Dari ceerita tentang transportasi diatas sudahlah jelas bahwa kesulitan pada akhirnya membuat kemajuan ilmu pengetahuan.

Ingatlah Bahwa “ Kesulitan akan memberi  banyak pengalaman dan pada akhirnya pengalaman yang akan memberikan tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan “



3.       Kesulitan adalah “ tangga menuju kesuksesan “

Perlu kita pahami bahwa kesuksesan yang banyak didapatkan orang-orang hebat didunia ini pasti diraih dengan banyak rintangan dan tantangan didalamnya. Berbagai macam kesulitan pasti akan menjadi penghias pencapaian sebuah kesuksesan seseorang. Bahkan seorang Nabi pun juga harus menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan dalam menmperjuangkan agama Islam. Kita bisa melihat perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan dan memperjuangkan islam sampai akhirnya menjadi agama dnegan penganut paling banyak didunia ini. Beliau adalah seorang utusan Allah SWT< seorang Rosul namun tetap saja juga mengalami berbagai kesulitan dalam memperjuangkan islam, mulai dari cemoohan, pemukulan, dilempar batu, diasingkan dll. Sedangkan kita bukan siapa-siap dan hanya manusia biasa. Ketika seorang Nabi yang merupakan utusan Allah SWT saja harus menempuh berbagai kesulitan dan tantangan untuk mencapai kesuksesan lantas apakah pantas kita yang buka siapa-siapa yang hanya manusia biasa mengharap sebuah kesusksesan dengan Cuma-Cuma tanpa harus mengalami masa-masa sulit meghadapi tantangan dan kesulitan ??? Jadi jelas bahwa setiap kesuksesan pasti  dihasilkan dari tangga-tangga kesulitan dan tantangan yang harus kita hadapi. Setiap tantangan dan kesulitan yang berhasil diselesaikan akan membawa kita menuju tangga berikutnya, semakin banyak tangga yang kita lalui semakin tinggi pula tingkat kesuksesan yang akan kita raih. Ingatlah bahwa “ Sesuatu yang dengan mudah didapatkan akan dengan mudah pula menghilang “ dan “ Kesulitan adalah tangga kesuksesan dan setiap kesulitan yang bisa kita selesaikan akan membawa kita melewati tangga-tangga tersebut “
4.       Kesulitan bisa dijadikan sarana ibadah untuk menambah amalan didunia

Ketika kita mengalami sebuah kesulitan maka pahamilah bahwa kesulitan tersebut bisa kita jadikan sarana untuk beribadah dan mendapatkan amalan dari Allah SWT. Misalkan saja ketika kita kkurangan harta dan kita tidak terlena dengan cara instan seperti dengan mencuri atau korupsi dan kita tetap bersabar dan berusaha mencari uang yang halal tentunya  hal tersebut akan dicatat sebagai sebuah ibadah oleh Allah SWT. Dan setiap ibadah yang kita jalankan pada akhirnya akan memberikan amal dan pahala bagi kita. Oleh karena itu marilah senantiasa bersabar, ikhlas dan berusaha untuk menyelesaikan kesulitan yang kita alamai, maka insyaalah ketika kita bisa seperti itu kita akan mampu memahami bahwa kesulitan yang ada bisa kita jadikan sarana untuk beribadah dan mendapatkan pahala. Dengan demikian tidak akan terdiam ketika dihampiri kesulitan dan justru akan merasa senang karena diberikankesempatan untuk menambah amalan dalam kehidupan. Ingatlah bahwa " Jadikanlah kesulitan sebagai sarana Ibadah untuk mendapatkan pahala dengan jalan kesabaran dan keteguhan untuk menyelasikan setiap kesulitan karena hakikatnya kesulitan adalah cobaan dari Allah untuk menguji seberapa besar kesabaran kita "

Itulah 4 point hikmah dari kesulitan. Semoga setelah membacanya, kita akan mampu melihat kesulitan dari sisi positif tidak hanya dari sisi negative saja. Dengan demikian insyaalah kita tidak akan takut lagi dengan sebuah kesulitan akan tetapi justru merasa semangat untuk menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang menghampiri kehidupan yang kita jalankan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Dan semoga kita semua akan senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk menghadapi kesulitan-kesulitan yang ada. Aamiin. Nantikan artikel berikutnya . ..  .


===========================================================================
Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 
“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali






Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger