Home » , , » Jenis-Jenis Motivasi Dalam Kehidupan

Jenis-Jenis Motivasi Dalam Kehidupan

Dhedi R Ghazali | Thursday, January 09, 2014 | 3komentar
Jenis-Jenis Motivasi Dalam Kehidupan
Sebelumnya saya sudah membuat postingan berjudul “ Pentingnya keinginan dan motivasi dalam kehidupan “. Silahkan baca terlebih dahulu artikel tersebut sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang telah saya sampaikan diatas tadi.
Oke. Sudah membaca artikel berjudul “ Pentingnya keinginan dan motivasi dalam kehidupan “ kan ??. Kalau belum silahkan dibaca dulu. Bagi yang sudah berarti saya tidak perlu menjelaskan betapa pentingnya motivasi dan keinginan untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan ini. Kali ini saya akan membahas masalah motivasi. Ada tiga jenis motivasi yang penting dalam hidup kita ini. Tiga motivasi tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Motivasi Hidup
Setiap orang pasti memiliki motivasi ini. Seorang ilmuwan psikolog bernama Abraham Moslow mengatakan “ Motivasi yang paling penting dimiliki manusia adalah motivasi untuk hidup “. Kenapa bisa dikatakan demikian. Hal ini karena pada dasarnya setiap orang mempunnyai motivasi hidup. Buktinya adalah tanpa disuruh dan diminta pun setiap manusia pasti mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari makan, minum dan kebutuhan pokok lainnya. Selain kebutuhan tersebut tentunya manusia juga memounyai kebutuhan lain seperti kebutuhan sekunder. Setiap orang pasti mempunyai keinginan mempunyai rumah yang layak, kendaraan, fasilitas rumah yang memadai dll. Dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan itulah muncul yang namanya motivasi hidup. Dengan adannya motivasi hidup, setiap orang pasti akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ketika eksistensi seseorang terancam dan dia menyadari hal itu maka motivasi hidup ini akan memberikan dorongan dan semangat untuk bisa mengatasinya.

2.    Motivasi Eksternal
Motivasi Eksternal adalah motivasi yang didapat dari luar diri kita. Seperti dari trainer-trainer, motivasi ulung, dan juga dari sahabat, teman, keluarga bahkan dari orang yang baru kita kenal. Pernahkan Anda mendapatkannya ?? Saya yakin setiap orang pasti pernah mendapatkannya meski terkadang tidak menyadarinya. Contoh sederhananya adalah ketika orang tua kita sering menyuruh kita untuk belajar giat agar mendapat nilai dan peringkat yang bagus. Karena dengan itu kamu bisa mendapat pekerjaan yang kamu inginkan. Atau mungkin ketika orang tua kita akan memberikan kita hadiah jika kita menjadi juara kelas. Itulah contoh sederhana dari motivasi eksternal. Yang harus kita pahami dari motivasi ini adalah seringkali motivasi ini mudah menghilang seiring waktu berjalan. Ketika kita sudah mendapat hadiha karena peringkat satu dikelas namun semester berikutnya orang tua kita tidak menjanjikan hadiah apa-apa maka saat itu pula motivasi untuk mendapat peringkat teratas lama-lama akan memudar. Selain itu, kita juga tak jarang tidak menyadari kalau kita sedang mendapat motivasi dari orang lain.Ingatlah bahwa “ Motivasi Eksternal tidak hanya bisa didapat dari Trainer ataupun motivator unggul, akan tetapi setiap orang bisa memberikan motivasi dalam kehidupan kita “.

3.    Motivasi Internal
Motivasi ini adalah motivasi yang paling kuat dan paling lama bertahan. Karena motivasi ini berasal dari dalam diri kita. Ketika kita mampu menjaga motivasi internal dalam diri kita maka diri kita akan selalu merasa termotivasi sehingga akan menumbuhkan semangat yang besar untuk mencapai keinginan-keinginan serta kesuksesan dalam kehidupan. Motivasi ini sulit untuk didapatkan. Hal ini sering terjadi karena kita sendiri tidak yakin dengan kemampuan kita sehingga denggan utuk berusaha keras. Selain itu pikiran kita seringkali tertuju pada hal-hal yang instan dan mudah didaptkan tanpa memikirkan hal besar yang bisa didapatkannya. Berikut ini adalah perkataan dari Rolf Waldo Emerson “ Apa yang ada dihadapan kita dan dibelakang kita adalah hal yang sangat kecil dibandingkan dengan apa yang ada didalam diri kita “. Untuk itulah motivasi dari dalam diri sendiri sangatlah penting. Maka mulailah mencoba untuk senantiasa memuuk motivasi diri sendiri dan menjaganya agar semangat kita tetap membara dalam mencapai kesuksesan dalam kehidupan.

Itulah sedikit yang bisa saya jelaskan tentang Motivasi. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan serta menumbuhkan motivasi pada para pembaca. Sebagai kaliamat terkahir saya ingin menyampaikan :
Jalanilah setiap detik dalam hidupmu seolah detik ini adalah nafas terakhirmu, Hiduplah dengan Keimanan, Ketakwaan dan Harapan, Hiduplah dengan Perjuangan dan Jangan takut berkorban dan mulai sekarang Kenalilah Kehidupan dan Saat itu juga kehidupan akan terasa sangat menantang namun tetap menyenangkan “

===========================================================================Jika Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali




Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

3 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger