Home » , » Tips Mencari Sahabat Terbaik

Tips Mencari Sahabat Terbaik

Dhedi R Ghazali | Saturday, January 18, 2014 | 1komentar
Tips Mencari Sahabat Terbaik
Sahabat tentunya adalah salah satu orang yang penting dalam kehidupan ini. Dengan adanya sahabat kita bisa saling tukar pikiran, tukar pendapat, saling tolong menolong, tidak kesepian dan lain sebagainya. Tanpa ada sahabat dalam hidup kita maka hidup kita akan terasa hambar dan tidak berwarna. Akan tetapi tak jarang pula sahabat justru menjadi orang yang sangat kita benci karena menghiantai kita. Kali ini saya akan berbagi tips dalam memilih sahabat. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama bersahabat dengan sahabat-sahabat saya. Selain itu juga tips ini muncul dari beberapa tips yang diutarakan oleh sahabat-sahabat saya dan coba saya rangkum menjadi beberapa point yang akhirnya bisa saya bagi pada postingan kali ini. Tapi tips ini bukanlah tips yang mutlak harus diikuti tanpa mencari tips lain, silahkan mencari tipas dan referensi lain namun tidak ada salahnya kan mencoba tips dari saya ini. Langsung saja saya berikan tips tersebut silahkan baca dan cermati setiap pointnya dan semoga bermanfaat. Dalam mencari seorang sahabat hal yang perlu kita lakukan dan pertimbangkan adalah sebagai berikut :

1.    Jangan memilih sahabat dari segi fisik, materi dan status lainnya
Seringkali saya meilhat orang kaya yang tidak mau bersahabat dengan orang miskin karena status kekayaannya, tak jarang pula orang yang tidak mau bersahabat dengan orang yang fisiknya kurang ( cacat ), ataupun karena status yang lainnya. Jangan sampai kita mempunyai pemikiran seperti itu. Karena semua ciptaan Allah itu pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kita hanya memilih sahabat karena fisik, kekayaan, ataupun status lainnya maka kita akan justru dijauhi oleh orang-orang karena menggagap kita adalah orang dengan gengsi yang tinggi.

2.    Carilah sahabat dengan tipe dan kepribadian yang mirip atau bahkan sama dengan kamu
Ketika mencari sahabat hendaknya kita harus sesuaikan dengan tipe dan kepribadian kita. Misalkan kita adalah orang yang tipenya suka bercanda maka carilah sahabat yang bisa diajak bercanda jangan mencari sahabat yang tidak bisa diajak bercanda. Ketika kita adalah tipe yang aktif dan cerewet maka jang cari sahabat yang bertipe pendiam. Karena jika dari awal kita mendapat sahabat yang tidak sesuai dengan tipe dan kepribadian kita kedepannya akan sulit untuk mempertahankan persahabatan tersebut selain itu juga akan sering menimbulkan konflik karena ketidak cocokan satu sama lain.

3.    Carilah sahabat yang mau mengerti kamu dan menerima kekurangan kamu

Point ini memang sulit untuk dilaksanakan. Namun sulit bukan berarti tidak bisa. Ketika kita mencari sahabat hendaknya kita harus saling mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan demikian akan muncul rasa saling mengerti dan menerima. Selain itu suatu saat seiring persahabatan yang terjalin bisa dipastikan dengan mengerti dan memahami keurangan masing-masing maka akan mencoba menutupi bahkan justru melengkapi kekurangan tersebut.

4.    Carilah sahabat yang solidaritas tinggi dan setia kawan

Tidak ada salahnya sebelum menjadikan seseorang menjadi sahabat kita, kita menguji solidaritas dan kesetiakwanan orang tersebut. Misalkan kita sedang butuh bantuan orang maka cobalah meminta bantuan orang tersebut dari situ lihatlah kesungguhan dia dalam membantu dan seberapa besar kesetiakwanannya. Jangan dilihat seberapa besar bantuannya tapi yang penting adalah melihat seberapa besar kemauan dan keseungguhannya dalam membantu.

5.    Carilah sahabat yang membawa kamu pada kebaikan
Point yang terkahir ini adalah point terpenting dan mendasar dalam kita mencari sahabat. Carilah sahabat yang membawa kamu dalam kebaikan. Lihatlah keseharian dia, kepribadiannya dan kelakuannya sehari-hari. Dari situ kita akan tahu apakah dia orang yang baik atau tidak. Ingat bahwa “ Sahabatmu sangat akan berpengaruh pada kepribadian dan kelakuanmu “. Jika kita mendapat sahabat dengan perilaku yang buruk akan besar kemungkinan kita akan ikut berperilaku buruk.

Itulah beberapa tips dari saya. Sekali lagi saya sampaikan, silahkan mencari tips dan referensi lainnya. Karena tips ini bukanlah hal yang mutlak dan satu-satunya. Masih banyak tips dari penulis lain dan saya yakin semuanya juga mempunyai alasan tersendiri. Namun tidak ada salahnya mencoba tips dari saya ini. Semoga kita senantiasa didekatkan dengan orang-orang yang dekat dengan Allah SWT dan semoga kita tidak menjadi orang yang salah dalam memilih sahabat. Aamiin

Baca Juga :


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar. Tnpa mengurangi rasa hormat, saya persilahkan untuk copy paste namun saya mohon disertakan link blog saya karena setiap tulisan murni hasil karya saya. Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin . .

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
  
By : Dhedi R Ghazali

Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

1 komentar:

Unknown said...

PelangiQQasia
Mari Bergabung bersama kami di Pelangiqqasia,com
Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games bos!
BandarQ | BandarQ Online | BANDAR POKER | Agen BandarQ | Domino99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik
Keunggulan PELANGIQQ :
- PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
- PROSES DEPO & WD TERCEPAT
- KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
- CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
- TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
- DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO&WD 25RB)
Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGIQQ
Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
cukup kunjungi kami PELANGIQQ
klik daftar dan daftarkan diri anda
atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam bos!!
CONTACT US :
BBM : D1E0517C
Skype : PelangiQQ
FB : Pelangi QQ Asia

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger