Home » , » Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Dhedi R Ghazali | Monday, January 20, 2014 | 4komentar
Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu
Setiap mahasiswa pasti menginginkan yang namanya lulus tepat waktu. Bahkan tak jarang ada pula mahasiswa yang berusaha menyuap pihak kampus agar dirinya dapat diluluskan tepat waktu. Namun jika kita lihat fakta yang ada, ternyata masih banyak mahasiswa yang tidak bisa lulus tepat pada waktunya. Ada yang kuliah sampai 5 tahun lebih untuk mendapat gelar S1 nya. Bahkan tak sedikit pula yang lebih dari 5 tahun. Padahal normalnya untuk memnempuh S1 adalah 3,5 Tahun sampai 4 Tahun. Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan bebrapa tips agar kita bisa lulus tepat pada waktunya. Tips ini saya dapatkan selama pengalaman saya kuliah disalah satu Universitas Swasta di Yogyakarta. Langsung saja inilah beberapa tips dari saya agar kita bisa lulus tepat waktu :

1.    Fokus kuliah dan jangan berfikir bercabang

Kadangkala banyak mahasiswa yang kuliah serambi mencari uang tambahan dengan cara bekerja paruh waktu. Memang bagi mereka yang bisa membagi waktu hal seperti ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak lulus tepat waktu. Bahkan menurut saya bekerja paruh waktu memang hal yang sangat bagus untuk menempa ilmu wiraswasta kita tapi dengan catatan kita memang bisa membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Karena banyak teman saya yang akhirnya lulus terlambat dikarenakan waktunya terbagi dengan pekerjaan mereka. Namun sebaiknya bagi mereka yang memang kesulitan dalam hal membagi waktu saya sarankan agar tidak kuliah sekalian bekerja paruh waktu. Cukup fokus kuliah saja.

2.    Rajinlah berangkat kuliah dan Kerjakan semua tugas yang diberikan

Berfikirlah bahwa menjadi mahasiswa itu adalah hal yang menyenangkan. Berbeda ketika kita SD, SMP, atau SMA yang harus memakai seragam yang sama dan jadwal yang sudah jelas waktunya. Banyak mata kuliah yang memberikan penilaian dengan keaktifan mahasiswa mengikuti kuliah dan mengerjakan tugas-tugasnya. Maka mulai dari sekarang janganlah mencoba untuk membolos kuliah dan kerjakan semua tugas yang diberikan dengan semampu yang kita bisa.

3.    Aktiflah dalam Kegiatan Kampus dan dalam Organisasi Kampus

Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kampus dan organisasi di kampus pasti akan menadapatkan nilai lebih dari pihak kampus. Cobalah untuk mengikuti kegiatan kampus dan masuk salah satu organisasi kampus yang kamu minati. Dengan begitu selain mendapat nilai lebih, kita juga akan semakin banyak teman dan akrab dengan dosen dalam kampus tersebut sehingga kita akan mendapat lebih banyak koneksi dan mudah meminta bantuan yang berhubungan dengan kuliah kita kepada mereka. Perlu diingat, ketika pendadaran yang diperlukan bukanlah hanya sekedar skripsi yang baik. Namun kita dituntut untuk mampu menjelaskan isi skripsi kita tersebut. Dan menjadi hal yang wajib buat kita untuk bisa berbicara didepan dosen. Inilah salah satu manfaat penting ketika kita aktif dalam organisasi kampus. Karena tanpa kita sadari dengan aktif diorgnisasi kita akan bisa lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik.

4.    Bangun Komunikasi Yang Baik dengan DPA ( Dosen Pembimbing Akademik
)
DPA adalah orang yang paling tepat untuk kita share dan curhat masalah perkuliahan kita. Maka bangunlah komunikasi yang baik dengan DPA kita. Saya yakin jika kita mau share dan minta pendapat kepada DPA kita, pasti kita akan dibantu olehnya. Jangan justru kita menjauhi atau bahkan membenci dosen DPA kita.

5.    Carilah Teman Yang Bisa Diajak Diskusi Kelompok

Perlu kita ketahui mata kuliah itu berbeda dengan mata pelajaran selama kita sekolah SMA/SMK dulu. Dalam perkuliahan lebih banyak dosen yang mengajar dengan metode diskusi. Maka mencari teman yang bisa diajak diskusi adalah hal yang penting. Kita akan mudah menyerap ilmu setiap mata kuliah dengan jalan diskusi daripada dengan belajar sendiri. Buang jauh-jauh sifat egois. Disaat kita sedang mengerjakan skripsi tentunya teman diskusi kita bisa kita andalkan untuk saling tukar pikiran. Mengerjakan skripsi lebih menyenangkan jika dikerjakan dengan teman-teman kita bukan dikerjakan sendirian.

6.    Pahamilah Bahwa Dosen Selalu Benar

Mungkin point ini memang terlihat memaksa. Namun kita tidak bisa menutup mata bahwa dosenlah yang berkuasa dalam setiap mata kuliah. Sebisa mungkin cobalah untuk menuruti apa yang didinginkan dan ditugaskan oleh dosen kita. Kadangkala ada beberapa dosen yang tidak suka diprotes sehingga meskipun kita benar justru kita akan diberi nilai yang buruk karena kita terlalu sering protes. Hehehe .. ( Pengalaman Pribadi )

7.    Disiplin dan Rajin Belajar

Point terkahir ini adalah point yang standard an sering dikatakan oleh banyak orang. Namun memang kenyataannya harus seperti itu. Memang kita sebagai mahasiswa tugas kita adalah menimba ilmu, jadi wajar dan sudah sepantasnya kita disipiln dan rajin belajar agar dapat emndapatkan banyak ilmu dan tentunya nilai yang bagus disetiap matakuliah.

Itulah beberapa tips dari saya agar kita bisa lulus tepat pada waktunya. Yang terpenting adalah keinginan karena tanpa keinginan saya yakin semua tips tersebut akan sulit untuk dilaksanakan. Semoga bagi pembaca yang sedang menempuh kuliah dimudahkan dalam perkuliahannya, diberi kelancaran, diebri ilmu yang bermanfaat, diberi nilai yang baik oleh Allah SWT sehingga dapat lulus tepat pada waktunya. Aamiin . .

Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)



Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

4 komentar:

anisayu said...

Gimana ya rasanys kuliah
Adakah seindah
Jatuh cinta sampai menikah

Dhedi R Ghazali said...

Eits mba Anis . . Rasanya nano-nano mba . .
Banyak teman banyak pengalamanjuga. Banyak cerita didalamnya

Denaihati said...

semoga tip ini dapat membantu mahasiswa tamatkan pengajian mengikut masa yang ditepakan, jika tidak perbelanjaan juga pasti meningkat.

Dhedi R Ghazali said...

Aamiin , . Terimakasih kunjungannya dari denaihati.com . .
Semoga Denaihati.commenjadi lebih maju lagi kedepannya. Aamiin

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger